SIMDes Permudah Pelayanan Desa

Sosialisasi Website dan Simdes Kecamtan Kabanjahe dan Munte

Dalam mempermudah pelayanan serta pelaksanaan kegiatan desa yang berbasis e -office, dilakukan demo dan sosialiasi Sistem Informasi Manajemen Desa (SIMDes) di Aula Kantor Camat Kabanjahe, Senin (6/3).Pada sosialisasi tersebut, hadir Bupati Karo Terkelin Brahmana, Kepala BMPD Nasib Sianturi, Camat Kabanjahe Gelora Fajar Purba, Camat Munte serta kepala kepala desa se-Kecamatan Kabanjahe dan Munte.

Narasumber Ilham Bintang mengatakan, SIMDes merupakan sistem database yang dirancang untuk memudahkan sistem pelayanan di desa secara tepat dan terpadu. Aplikasi SIMDes adalah program aplikasi komputer berbasis desktop yang digunakan untuk mencatat data kependudukan mulai dari Kartu Keluarga, Surat Kematian, Akta Kelahiran, Surat Pengantar dan lain sebagainya. Kemudian dengan adanya SIMDes ini yang dirancang berbasis website sehingga bisa dibuka secara online, tujuannya agar mempermudah dalam akses dan pemantauan. Seluruh data yang masuk melalui SIMDes ini bisa diakses secara online bahkan dari handphone. Dalam aplikasi ini juga akan tertera profil desa, profil kepala desa, visi dan misi kepala desa. Dengan satu kali entri aplikasi SIMDes ini bisa dipakai dalam 6 tahun, katanya.

Narasumber Ilham Bintang dari PT. Mastertindo

Dalam arahannya, Bupati Karo berharap dengan adanya SIMDes ini maka pemerintah desa bisa bekerja lebih cepat dan terus terpantau, dapat meningkatkan kapasitas dan kinerja pemerintah desa, mempermudah dan mempercepat proses informasi desa, mempermudah desa dalam mengelola program pembangunan desa dan pengalokasian anggaran desa. “Tidak ada lagi laporan-laporan desa yang telat karena semua sudah terintegrasi” ujar Bupati Karo
Sosialisasi dan demo SIMDes ini nantinya akan terus digalakkan hingga aparatur desa dapat mengerti cara penggunaan aplikasi SIMDes ini untuk nantinya dapat dipergunakan dalam membantu mempercepat kegiatan-kegiatan yang dilakukan di desa.
Camat Kabanjahe Gelora Fajar menambahkan, untuk menyukseskan program aplikasi ini, sementara masih banyak kepala desa yang gagap teknologi menganjurkan untuk memberdayakan perangkat desa yang terpilih. “Oleh karena itu pilih dan berdayakan perangkat desa yang terampil, jalin harmonisasi dengan perangkat desa

Share :